8 Tempat Wisata Semarang Terbaru 2019

No Comments
Riuzinfo.com - Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah menyimpan sejuta tempat wisata yang patut untuk di jajal dan taklukkan. Keanekaragaman wisata yang ada di Jawa Tengah menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Jawa Tengah bukan hanya terkenal dari tempat wisatanya saja, tetapi makanan dan orang-orangnya yang sangat welcome dan ramah kepada setiap pendatang yang datang di tempat ini. Salah satu tempat Wisata Jawa Tengah yang menjadi recomended untuk Sahabat Riuzinfo.com adalah Semarang. Ya, Kota Semarang merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah, Semarang terkenal dengan sebutan Kota Atlas. Kota Atlas ini memiliki makanan Khas yang uenakk dan Gurih, serta tempat Wisata yang sangat Luar Biasa.
8 Tempat wisata Semarang terbaru 2019
Berikut adalah 8 tempat wisata yang wajib anda kunjungi, yang di rekap dan direkomendasikan oleh Riuzinfo.com.

Lawang Sewu


Salah satu tempat persinggahan menarik di kota Semarang kerap disebut sebagai bangunan yang angker, Lawang Sewu merupakan gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan, yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan solo dan Jogja. Gedung yang dibangun pada tahun 1945 memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela, karena jumlahnya yang banyak masyarakat setempat pun menyebut bangunan ini sebagai Lawang yang artinya 1000 pintu, meski sejatinya jumlah pintu pada gedung 3 lantai di sini tidak mencapai angka 1000 dan hanya mempunyai 429 pintu. 

Baca Juga : 3 Air Terjun Nias yang Wajib Kamu Kunjungi

Beragam kisah mistis menyelimuti tempat wisata di Semarang ini, Konon terdapat beberapa lokasi angker yang bisa dijumpai di dalam gedung diantaranya adalah pada area sumur, 2 Pintu Utama Penjara Berdiri, Penjara Bawah Tanah, Penjara Jongkok, Serta Ruang Penyiksaan Tawanan. Berbagai penampakan pun kabarnya sering terjadi di tempat wisata ini, mulai dari hantu tentara Belanda, kuntilanak, gemuruh dan lain-lain. 

Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening adalah lokasi yang kerap disinggahi para wisatawan baik yang berasal dari Semarang atau luar kota, bukit cinta memang menawarkan suasana yang spesial karena bisa secara langsung menyaksikan pemandangan indah rawa pening. Suasana tersebut pun dipercantik dengan hutan pohon pinus yang tertata rapi, selain menyaksikan keindahan panorama sekitar rawa pening terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di bukit cinta rawa pening.

Anda bisa memilih mengajak pasangan untuk berkeliling rawa pening menggunakan perahu, motor, atau bermain di berbagai wahana permainan candi gedong songo yang terletak di kecamatan Bandungan kabupaten Semarang yang berada di lereng gunung Ungaran. 

Umbul Sidomukti 

Berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini wisatawan pun memiliki kesempatan yang sama dengan kereta kuno kalau tidak datang ke Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran yang memiliki ketinggian mencapai 1200 meter diatas permukaan laut. Sehingga memiliki suhu yang sejuk, tidak perlu khawatir dengan pilihan aktivitas selama berada di tempat wisata ini, mulai dari kolam renang alami, cafe dengan pemandangan yang menyejukkan, fasilitas outbound, hingga pondok wisata bisa ditemukan di tempat wisata ini. Kalau mau Anda juga bisa melakukan aktivitas cracking menyusuri kawasan di sekitar umbul Sidomukti

Candi Gedong Songo

Tempat wisata di Semarang ini tidak hanya menjadi tempat wisata bersejarah, namun juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan, menu tahu sebagai bonus. Anda juga akan menjumpai kolam pemandian air panas alami di kompleks candi ini, sesuai dengan namanya candi gedong songo ini terdiri dari 9 bangunan candi, menariknya candi ini dulu sempat disebut dengan nama candi gedong Pitu, karena pada saat itu hanya ditemukan sebanyak 7 candi, baru pada rentang tahun 1908 sampai 1911 ditemukan kembali 2 candi di area yang sama sehingga namanya pun berubah menjadi candi gedong songo. Candi-candi tersebut diketahui merupakan peninggalan dari wangsa Syailendra yang berkuasa pada abad ke-9 Masehi.

Eling Bening Ambarawa

Dengan fasilitas lengkap Anda dapat berkunjung ke eling bening Ambarawa, di tempat wisata ini Anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan indah tersedia pula beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang, restoran, fasilitas outbound, RI café, dan ruang pertemuan. Tidak heran kalau eling bening sering menjadi pilihan untuk berbagai aktifitas baik lemburan keluarga atau liburan bersama rekan kantor. Kawasan wisata eling bening ini memang memiliki pemandangan mengagumkan, anda bisa menyaksikan suguhan pemandangan yang sangat memanjakan mata pengunjung. Tidak hanya itu anda juga dapat melihat keindahan rawa pening area persawahan, serta perkebunan kopi di sekitarnya. Pemandangan pun akan semakin menakjubkan kalau Anda datang ke tempat ini pada sore hari, ditemani suasana matahari terbenam.

Kota Lama
Berkunjung ke Semarang tidak akan terasa lengkap jika tidak datang ke kawasan kota lama, tempat wisata di Semarang ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di ibukota provinsi Jawa tengah. Apalagi kalau anda adalah seorang yang gemar berburu foto, bangunan tua bergaya Eropa klasik kerap menjadi buruan para fotografer di kawasan kota lama Semarang. Anda akan menjumpai keberadaan tempat-tempat yang kerap diramaikan oleh pengunjung, gereja blenduk dengan atap berbentuk kubah menjadi pilihan favorit pertama. Suasananya pun kian asri dengan adanya taman srigunting yang terletak di depan gereja, kalau ingin tampil narsis bisa menyewa sepeda tua, sembari berfoto dengan latar belakang Gereja Blenduk. 

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Pulau Lombok

Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini memiliki ciri khas, berbentuk 6 payung elektrik di serambi yang membuatnya mirip dengan masjid Nabawi, 6 payung berdiameter 14 m tersebut biasanya dikembangkan saat penyelenggaraan salat idul Fitri dan idul Adha, ada pula 25 pilar yang sengaja di desain mirip dengan yang ada di kota Roma Italia, jumlah gelar tersebut merupakan representasi jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui dalam agama Islam. Menara Asmaul Husna yang memiliki tinggi 99 meter tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke masjid agung Jawa tengah, para pengunjung diperbolehkan untuk naik ke puncak menara ini dan melihat pemandangan kota Semarang, serta masjid dari ketinggian.

Museum Kereta Api Ambarawa

Kesempatan untuk merasakan pengalaman unik dengan berkunjung ke museum kereta api Ambarawa, bahkan wisatawan dapat memilih naik kereta uap atau kereta yang menggunakan mesin diesel, tersedia dua rute kereta wisata yang bisa dipilih di Ambarawa Tuntang dan Ambarawa bedono. Sebagai catatan rute Ambarawa bedono hanya menyediakan perjalanan dengan kereta uap, tempat wisata di Semarang ini yang merupakan lokasi stasiun Ambarawa yang dibangun pada tanggal 21 mei 1873 oleh raja Willem 1 dari Belanda. 

Stasiun tersebut ditutup pada tahun 1976 dan secara resmi mulai berubah fungsi menjadi museum di tempat wisata di Semarang. Wisatawan bisa melihat sebanyak 21 lokomotif yang memiliki peran penting dalam masa perjuangan kemerdekaan terutama sebagai sarana transportasi para tentara. Museum kereta api Ambarawa yang berlokasi di kabupaten Semarang ini juga menjadi satu diantara tiga tempat yang menyimpan lokomotif uap bergerigi, kabarnya hanya ada 3 kereta uap model seperti ini yang masih tersisa 2 kereta lainnya tersimpan di Swiss dan India.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul 8 Tempat Wisata Semarang Terbaru 2019. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar