Jokowi Pilih Hanif jadi Pengganti Imam di Menpora

No Comments
Jokowi Pilih Hanif jadi Pengganti Imam di Menpora

Riuzinfo.com - Selang beberapa hari Imam Nahrawi menyerahkan surat pengunduran diri dari Menpora kepada Presiden RI, muncul nama pengganti yang akan menduduki posisi Imam di Menpora.

Jauh dari sejumlah nama yang di gadang-gadang publik yang akan menggantikan Imam, Presiden Jokowi ternyata mempunyai strategi atau nama lain yang selama ini tidak disebut-sebut oleh publik. Ya, Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. adalah orang yang tepat untuk menggantikan Imam di Menpora, Hanif di angkat sebagai Pelaksana tugas (Plt). Pengangkatan Hanif bukan tanpa dasar, Jokowi mengangkat Hanif dikarenakan sudah tertuang dalam keputusan presiden (Keppres) yang disana juga tertuang pemberhentian Imam dari Menpora.

Baca juga : KPK tetapkan Imam Nahrawi sebagai tersangka Korupsi

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers mengatakan "Sudah menandatangani kepres pemberhentian Imam Nahrawi dan mengangkat saudara Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga," di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Selain sebagai Menpora, Hanif merangkap menjadi Menteri Ketenagakerjaan di Kabinet Kerja, yang dimana diketahui Hanif adalah mantan anggota DPR RI Periode 2009-2014 dari PKB yang sekaligus mewakili Jawa Tengah, khususnya daerah Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan Pemalang.

Mengingat dalam kabinet menteri Jokowi, ada beberapa yang terpilih sebagai DPR RI Periode 2019-2024 dan akan dilantik pada 1 Oktober mendatang. Sehingga, Pak Jokowi tidak mempunyai banyak pilihan untuk mencari sosok yang tepat untuk Plt Menpora.

Dua nama yang akan segera dilantik menjadi parlemen diantaranya adalah Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Prof. Yasonna Hamonangan Laoly S.H., M.Sc., Ph.D Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pengangkatan Hanif sebagai Plt Menpora merupakan sebuah kebanggaan untuk PKB, karena kadernya dipercaya oleh presiden untuk memegang dua jabatan sekaligus, meski hanya dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Tetapi itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa untuk PKB. Sebelumnya, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid menegaskan pihaknya tidak akan menyiapkan nama pengganti Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Menurutnya, pengganti Imam Nahrawi diserahkan sepenuhnya pada Presiden Joko Widodo.




Terimakasih telah membaca artikel berjudul Jokowi Pilih Hanif jadi Pengganti Imam di Menpora. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar