Sejumlah Torehan Prestasi BJ Habibie Semasa Hidupnya Yang di Akui Oleh Dunia

No Comments
Riuzinfo.com - Indonesia kembali berduka. Salah satu Tokoh besar Indonesia yang merupakan Presiden Ke-3 Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng atau yang kerap di panggil dengan BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada 11 September 2019 di RSPAD Gatot Subroto sekitar Pukul 18.05 WIB. BJ Habibie dikabarkan meninggal karena penyakit yang di deritanya.
Semasa hidupnya BJ Habibie dikenal sebagai Sosok Tokoh Nasional, yang mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar terhadap Indonesia. Sejumlah prestasi pun diraih oleh BJ Habibie yang sangat membanggakan Bangsa Indonesia, dimana Satu-satunya orang Indonesia berhasil merakit Pesawat. Bukan hanya itu, beberapa prestasi lainnya yang diperoleh oleh BJ Habibie pun di akui oleh dunia Internasional. Berikut ulasannya :

Raih Gelar Doktor di Jerman

Dikenal sebagai orang yang sangat jenius, bukan merupakan suatu hambatan besar untuk BJ Habibie mendapatkan Gelar Doktor di salah satu Universitas ternama di Jerman. Di bangku perkuliahan BJ Habibie merupakan Mahasiswa yang berprestasi, saat kuliah di Jerman ia berhasil mendapatkan beasiswa. Bukan tanpa dasar, pada saat di bangku sekolah BJ Habibie sudah mulai menonjol dari teman-teman sekolah lainnya. BJ Habibie dikenal berprestasi dalam bidang eksata

Pada tahun 1960, ia berhasil meraih gelar diploma dengan predikat Cumlaude. Lima tahun berselang tepatnya pada 1965, Habibie menyabet gelar doktor dengan predikat summa cumlaude. Rata-rata nilainya 10 alias sempurna.

Pernah Menjabat di Jerman

Bukan hanya gemilang di dalam negeri, BJ Habibie juga menorehkan beberapa prestasi di luar negeri. Salah satunya adalah pernah menjabat di jerman, tak tanggung-tanggung BJ Habibie mendapatkan penghargaan Edward Warner Award dan Award von Karman atas keberhasilan beliau merumuskan faktor Habibie. Tahukah sahabat Riuzinfo.com bahawa penghargaan tersebut setara dengan penghargaan Nobel. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.

Baca Juga : Rangkaian Jadwal kegiatan terlengkap Sail Nias 2019

Untuk menghargai jasa BJ Habibie tersebut Pemerintah Jerman memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Bapak BJ Habibie yaitu "Das Grosse Verdientkreuz dan Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband". Di dalam negeri, BJ Habibie juga mendapatkan penghargaan Gemilang dari salah satu Universitas terbesar di Indonesia yakni "Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana dari ITB".

Penemu Teori Kedirgantaraan

Kecerdasan BJ Habibie sangat luar biasa. Habibie melahirkan penemuan penting dalam dunia kedirgantaraan. Saat menjadi engineer di Jerman, dia menggali fenomena keretakan pada konstruksi pesawat.

Hingga akhirnya dia mencetuskan rumus "Crack Progession on Random". Rumus ini dapat menghitung "crack propagation on random" sampai ke atom-atomnya, yang menjadi penyebab keretakan di badan, terutama sayap pesawat. Rumus yang dinamai Faktor Habibie ini kemudian diakui oleh dunia penerbangan. Rumus itu kemudian dipakai oleh berbagai perusahaan maskapai di dunia.

Tidak berhenti disitu, BJ Habibie juga berhasil merakit sebuah pesawat pertamanya, dan sekaligus menjadi satu-satunya orang Indonesia yang berhasil membuat Pesawat. Prestasi-prestasi ini akan terus dikenang, meskipun beliau sudah tidak ada lagi.

Karir Politik yang Gemilang 

Karier politik BJ Habibie di Tanah Air cemerlang. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi periode 1978 hingga 1998. Pada Maret 1998, Habibie menempati posisi sebagai Wakil Presiden RI mendampingi Presiden Soeharto. Jabatannya sebagai Wapres ternyata hanya berumur singkat. Mundurnya Soeharto dari jabatan Presiden akibat Tragedi Mei 1998 membuat posisi Habibie naik dari Wakil Presiden menjadi orang nomor satu di negeri pada 21 Mei 1998. Meski hanya menjabat selama 1 tahun 5 bulan sampai 20 Oktober 1999, kiprahnya sebagai seorang kepala negara tak boleh dipandang sebelah mata.


Terimakasih telah membaca artikel berjudul Sejumlah Torehan Prestasi BJ Habibie Semasa Hidupnya Yang di Akui Oleh Dunia. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar