Daftar 5 Makanan Rendah Kalori Tetapi Mengeyangkan

No Comments
Riuzinfo.com - Pola Hidup Sehat, Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara sederhana dan dilakukan secara rutin. Pertama mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukupCukup mudah bukan? Tetapi tahukah Sahabat Riuzinfo.com bahwa setiap makanan yang kita konsumsi mengandung kalori yang sangat dibutuhkan tubuh.

Jika anda adalah salah satu orang yang menjauh dari makanan berkalori tinggi, karena mungkin efek samping yang ditimbulkan oleh makanan yag berkalori tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak teratur. Sayangnya, minimnya kalori yang kita dikonsumsi kerap membuat perut terus terasa lapar. Alih-alih menurunkan berat badan, rasa lapar yang tak juga hilang justru membuat Anda rajin ngemil.

Makanan yang tinggi kalori ini memang menjadi dilema bagi hampir seluruh orang di dunia ini, terkecuali bagi mereka yang menerapkan pola hidup sehat seperti diatas. Cara mencegah kalori yang tinggi dalam tubuh karena makanan yang kita konsmsi, bukan dengan menjauh dari makanan ataupun tidak mengonsumsi makanan yang berkalori. Beberapa orang yang melakukan cara ini mungkin sudah tahu, bagaimana hasil akhir dari cara mereka tersebut, tetapi sebagian besar dari mereka mengalami kegagalan. Kenapa? karena tubuh yang rendah kalori akan cepat lapar, dan secara otomatis mereka akan terus-menerus ngemil.

Baca juga : 6 daftar buah yang manjur untuk mendukung asupan gizi balita

Namun, Sahabat Riuzinfo.com tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu proses penurunan berat badan dan tentunya rendah kalori.

1. Telur

Yang pertama adalah Telur, tentunya kita semua sudah tahu bahwa telur adalah salah satu makanan rendah kalori yang penting untuk tubuh. Selain rendah kalori, telur juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Sehingga, ketika kita mengonsumsi telur akan memberikana rasa kenyang yang tahan lama. Selain itu, studi observasi juga menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi telur akan merunkan rasa ngemil yang berlebihan dan menekan level grelin sebagai hormon yang memproduksi rasa lapar.

2. Oat

Oat juga merupakan salah satu makanan alternatif yang rendah kalori tetapi memberikan rasa kenyang yang tahan lama, karena kandungan protein dan serat yang ada dalamnya. 

3. Sup

Mengonsumsi sup dengan kuah encer disebut dapat memperlambat pengosongan lambung dan lebih efektif untuk menekan rasa lapar. Hal ini sudah dibuktikan dengan observasi yang telah dilakukan oleh sejumlah peneliti dan hasilnya membuktikan bahwa dengan mengonsumsi Sup dapat memperlambat proses pengosongan dalam perut. Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk cream soup, karena cream soup mengandung banyak kalori.

3. Kentang

Kentang dengan dengan tekstur yang agak keras, akan menjadi salah satu alternatif yang paling efektif untuk anda yang tidak menyukai makanan yang banyak kalori. Satu porsi kentang panggang bersama kulitnya mengandung 161 kalori dan masing-masing serat serta protein sebesar 4 gram. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa kentang adalah makanan yang tidak sehat, karena umbi-umbian ini banyak mengandung lemak tinggi pada french fries dan keripik kentang. 

4. Semangka

Semangka dikenal dengan kandungan air yang sangat banyak, meskipun demikian akan tetap membuat anda terhidrasi. Semangka juga merupakan salah satu buah atau makanan yang rendah akan kalori, jadi tidak salah jika anda mengonsumsi semangka sebagai alternatif makanan buah yang rendah kalori.

5. Ikan

Ikan juga termasuk makanan yang rendah kalori, selain rendah kalori ikan kaya akan protein yang akan membantu anda untuk merunkan rasa lapar yang berlebihan. Jika debandingkan dengan daging lainnya, seperti daging sapi dan daging ayam, daging ikan yang lebih tepat untuk dikonsumsi untuk makanan daging yang rendah kalori dan kaya protein.

Itu adalah daftar makanan alternatif yang rendah akan kalori.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Daftar 5 Makanan Rendah Kalori Tetapi Mengeyangkan. Jika Anda memiliki komentar, saran, kritik, atau tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar